07 Juli 2009

PENGALAMAN DI TEMPAT KERJA DENGAN TEORI MANAJEMEN

Tempat Kerja

SDN Klepu 1 merupakan salah satu lembaga pendidikan dasar yang berada di lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Pacitan. Sekolah ini merupakan SD inti masuk dalam gugus 5, sebagai pusat kegiatan guru ( PKG ) yang membawahi 5 SD imbas dalam kegiatan guru dalam pengembangan belajar, pengembangan dan advokasi kurikulum, peningkatan mutu guru dan siswa serta sebagai tempat pengembangan kinerja kepala sekolah dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ( MKKS ).

Sebagai SD inti yang memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan belajar siswa sendiri dan lima SD yang dibawahinya, manajemen sangat diperlukan untuk mengolah seluruh kegiatan yang dibebankan dari dinas. Manajemen yang diberlakukan di SDN Klepu 1 ada beberapa komponen, yaitu :

A. Manajemen Kurikulum dan Program Pengajaran

Manajemen yang diberlakukan adalah implementasi kurikulum. Perencanaan kurikulum menjadi tanggung jawab Depdiknas (IGK Wardhani 2007). Selain itu sekolah kami bertanggung terhadap pengembangan kurikulum dan program pengajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian perubahan atau perbaikan program pengajaran di sekolah. Untuk kepentingan tersebut, dilakukan penilaian kesesuaian program kurikulum ( pada standar isi ) yang ada terhadap kepentingan murid, misalnya mata pelajaran Seni dan Budaya, sekolah harus merencanakan jenis seni yang sesuai dengan budaya lokal Pacitan dan tidak terlepas dari standar isi kurikulum. Setelah itu merencanakan program pengajaran melalui Standar Isi, Silabus, Program Semester, Satuan Pelajaran / RPP. Setelah rencana pembelajaran selesai, lalu melaksanakan pembelajaran di kelas. Kegiatan yang terakhir adalah evaluasi pembelajaran.

B. Manajemen Tenaga Kependidikan

Manajemen tenaga kependidikan bertujuan untuk mendayagunakan tenaga kependidikan yang ada di sekolah untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal, (Pedoman Administrasi Sekolah, Depdikbud 1997). Manajemen yang dilaksanakan terdiri dari : Perencanaan kebutuhan pegawai ( guru ), biasanya setiap bulan melalui laporan bulan melaporkan rencana kebutuhan guru ke Unit Pendidikan Kecamatan, menerima pegawai baru berdasarkan kuota yang diberikan oleh dinas pendidikan, pembinaan pegawai untuk peningkatan status kepegawaian (gaji dan tunjangan), tingkat dan golongan dan pengembangan karir, yang terakhir adalah penilaian pegawai melalui Daftar Penilaian Pekerjaan Pegawai ( DP3 ) setaip tahun.

C. Manajemen Kesiswaan

Manajemen kesiswaan dikenal juga dengan istilah manajemen kemuridan ( peserta didik/siswa ), merupakan salah satu bidang manjemen yang dilaksanakan di SDN Klepu 1. Kegiatan ini meliputi perencanaan kebutuhan siswa baru berdasarkan jumlah kelas, pelaksanaan penerimaan siswa baru (PSB), pendataan dengan lengkap tentang siswa baru, pengenalan siswa baru terhadap lingkungan sekolah, pelaksanaan KBM, evaluasi pembelajaran dan laporan hasil pembelajaran kepada orang tua siswa.

D. Manajemen Keuangan

Tugas dalam manajemen keuangan terdiri dari perencanaan keuangan dan kebutuhan yang tertuang dalam RAPBS ( Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah ), pelaksanaan anggaran berdasarkan rencana yang dibuat dan evaluasi terhadap pencapaian sasaran.

E. Manajemen Sarana dan Prasarana

Mulyasa (2003) mengemukaan bahwa dalam manjemen sarana dan prasarana pendidikan bertugas mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan. Di SDN Klepu 1, Kegiatan manjemen ini meliputi perencanaan, pengadaan, pengadaan, penyimpanan dan inventarisasi, penghapusan serta penataan.

F. Manjemen Hubungan Masyarakat

Sebagai upaya menjalin komunikasi antar sekolah dengan masyarakat dan untuk mensosialisasikan program – progam sekolah dan pemerintah dalam bidang pendidikan maka dibentuklah wadah hubungan masyarakat yang ternaung dalam komite sekolah sebagai stake holder lembaga pendidikan termasuk yang ada di SDN Klepu 1. Manjemen Humas dalam Komite sekolah ini dilaksanakan dengan prosedur sebagai berikut : 1. Persiapan pembentukan kepengurusan 2. Pelaksanaan pemilihan pengurus 3. Kegiatan Komite ( yang di dalamnya terkandung fungsi kehumasan ). 4. Evaluasi.

Teori Manajemen

Dalam setiap kegiatan yang ada di lembaga tidak terlepas dari kegiatan manajemen yang diawali dari tori manajemen, hal ini semata – mata untuk mendapatkan output yang baik dan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan. Menurut Lucia N, dalam modul Manajemen 2009. Manajemen merupakan sebuah proses yang terdiri atas fungsi – fungsi perencanaan, pengorganisasian, pemimpinan, dan pengendalian kegiatan sumber daya manusia dan sumber daya manusia lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara efisien. Menurut J.Terry dalam TIM TAP, UT 2008 kegiatan manajemen setidaknya adanya Palnning, Organizing, Actuating dan Controlling.

Kesimpulan

Dalam kegiatan di SDN Klepu 1 setelah ditelaah berdasarkan teori manajeman ternyata terdapat unsur – unsur manajemen yang tidak terpisahkan dalam setiap pelaksanaan kegiatan sekolah. Jika penulis gambarkan, keterkaitan manajamen dengan teori manjemen yang ada di SDN Klepu 1, adalah sebagai berikut :

Kegiatan SDN Klepu 1

Teori Manjemen

Hasil Kegiatan

Praktik manajemen

Bahan Pustaka

Depdikbud.1997.Pedoman Administrasi sekolah.Jakarta : Depdikbud

Mulyasa E.2003.Konsep, Strategi, Implementasi MBS. Bandung : Remaja Rosda Karya.

N Lucia.2009.Modul Manajemen.STIEI Malang

TIM TAP.2008.Tugas Akhir Program.Jakarta: UT

Wardani IGK.2007.Kurikulum dan Implementasi. Jakarta : UT